Wednesday, August 1, 2018

PERPUSTAKAAN REMAS RU

PERPUSTAKAAN REMAS RU
REMAJA MASJID ROUDLOTUL ‘ULUM
TAHUN PERIODE 2017-2018

Deskripsi                           : Menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sarana peminjaman buku di Masjid Roudlotul ‘Ulum
Konsep                              :
ü  Untuk mempromosikan Perpustakaan Remas RU, akan disebar pamflet ke tiap-tiap kelas dan juga akan ada standing banner atau penunjuk arah di sekitar Masjid Roudlotul ‘Ulum menuju  Perpustakaan Remas RU. Promosi akan dilakukan bersamaan dengan promosi majalah Al-Bayyan bekerjasama dengan divisi dakwah.
ü  Perpustakaan Remas RU akan dihias dengan slogan-slogan, gantungan-gantungan, dan pernak-pernik lainnya (kerja sama dengan Divisi Kresi)
ü  Dalam urusan administrasi, ada buku data peminjaman, buku absensi pengunjung, dan data-data buku Perpustakaan Remas RU
ü  Perpustakaan berbasis kejujuran. Jika ada peminjam buku diharuskan menulis identitas peminjam dan buku yang dipinjam pada buku kunjungan yang telah disediakan. Durasi peminjaman selama satu minggu dan dapat diperpanjang.
ü  Untuk pembelian buku baru, akan diajukan permohonan dalam bentuk proposal kepada Pembina Divisi Pendidikan, Ketua Ta’mir Masjid RU, Waka Kesiswaan, dan Kepala Sekolah.
ü  Perpustakaan Remas RU buka tiap hari Senin s.d Jum’at. Penjagaan perpustakaan berlangsung selama 45 menit dimulai sejak waktu pulang sekolah. Jika ada peminjaman di luar waktu penjagaan, maka bisa menghubungi contact person Perpustakaan Remas RU. Namun, tidak diterima peminjaman buku di luar hari Senin s.d Jum’at.

ü  Untuk jadwal penjagaan Perpustakaan Remas RU diatur sebagai berikut :
Ø Senin    : Div. Kresi
Ø  Selasa : Div. Sosial
Ø  Rabu    : Div. Dakwah
Ø  Kamis   : Div. Pembinaan
Ø  Jum’at : Div. Peribadatan

ü  Jadwal piket disesuaikan dengan jadwal piket Ya Arrhamarrahimin (saat ikhwan Ya Arrhamarrahimin, akhwat bertugas untuk menjaga perpustakaan. Tugas penjaga perpus:
1.      Merapikan buku dan tempat pengaturan buku serta perpustkaan.
2.      Membersihkan perpustakaan.
3.      Mengecek peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan pada hari tersebut.

Waktu Pelaksanaan          : Setiap hari kecuali hari libur
Tempat Pelaksanaan         : Masjid RU lt.2
Tujuan dan Manfaat         : Untuk menambah wawasan siswa-siswi SMAN 1 Gresik dalam bidang agama melalui membaca buku-buku berbasis keagamaan.
Sumber Dana                    : Kas masjid ± Rp 100.000/bulan ( Insidentil )
 Ketua Pelaksana               : Retnani Dita Ayuningtyas


Previous Post
Next Post