Sunday, May 17, 2020

KEMULIAAN LAILATUL QADAR


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

➧ PENGERTIAN LAILATUL QADAR
Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِmalam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an.

➧ DALIL LAILATUL QADAR
Berikut bunyi Surat Al Qadr ayat 1-5 beserta terjemahannya:


لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ ۝  ۝ وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ ۝ إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ
    تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ۝ سَلَٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ ٱلْفَجْرِ۝

Artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukah kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.”

➧ KEUTAMAAN LAILATUR QADAR
1. Pahala ibadahnya sama dengan pahala beribadah selama seribu bulan
2. Malam tersebut malam yang tenang dan khidmat
3. Dosa dosa terdahulu diampuni oleh Allah SWT
4. Seluruh malaikat Allah turun ke bumi untuk menyaksikan malam itu

➧ KAPAN TERJADINYA LAILATUL QADAR?
Terdapat pendapat yang mengatakan bahwa terjadinya malam Lailatul Qadar itu pada 10 malam terakhir bulan Ramadan. Berdasarkan hadits dari Aisyah yang mengatakan :
“ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan dia bersabda, yang artinya: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon” “ (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Lailatul Qadar kemungkinan akan “diwujudkan” oleh Allah pada malam ganjil, tetapi mengingat umat islam memulai awal puasa pada hari atau tanggal yang berbeda, maka umat islam yang menghendaki untuk mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar dapat “mencarinya” setiap malam.

➧ TIPS MENGGAPAI LAILATUL QADAR
1. Niat yang ikhlas dan tulus semata mata karena Allah SWT
2. Mengisi waktu luang dengan beribadah
3. Berjanji untuk benar benar taubat
4. Meminta maaf kepada siapapun yang pernah kita sakiti
5. Berdoa dengan rasa penuh harap
6. Mendekatkan diri pada Allah di setiap malam yang tersisa

Previous Post
Next Post

0 komentar: