Thursday, June 16, 2016

Penjelasan Kitab Muqoddimah Hadromiyah

Muqoddimah Hadromiyah


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

   Dibandingkan umur-umur umat masa lalu, umur umat Nabi Muhammad SAW adalah yang paling singkat. Dengan umur yang singkat itu mereka tentu saja tidak mungkin untuk bisa mempelajari semua disiplin ilmu yang ada. Mereka harus memilih dan memilah, mana yang harus diprioritaskan untuk dipelajari.

   Sebagai hamba Allah yang diwajibkan untuk beribadah kepadaNya, tentu saja, ilmu yang paling urgen untuk dipelajari adalah tata cara pelaksanaan ibadah tersebut. Agar ibadah yang dijalankan sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Ilmu tersebut adalah ilmu Fiqih.

   Salah satu kitab fiqih dasar yang sangat bagus untuk dipelajari karena lengkap dan mu'tamad adalah kitab Muqoddimah Al-Hadromiyah yang disusun oleh al-Imam al-'Allamah asy-Syech Abdullah bin Abdurrahman Bafadhol. Seorang ulama besar bermadzhab Syafi'i. Beliau dilahirkan di kota Tarim-Hadramaut pada 850 H dan meninggal di kota Syehir salah satu kota di kawasan Hadramaut pada Tahun 918 H. Kitab Beliau ini banyak dipelajari dan dihafalkan oleh banyak penuntut ilmu karena mudah dan bagusnya isi yang ada di dalamnya.

   Untuk Penjelasan lengkap bisa di download di sini : Link
   Semoga Bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Previous Post
Next Post