Sunday, September 20, 2020

“Aktivitas Bermanfaat Ketika Pandemi”

            Semenjak terjadinya pandemic covid-19 di Indonesia, masyarakat selalu dianjurkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari di rumah. Begitu juga dengan anak-anak dan remaja, pembelajaran sekolah dilakukan secara daring.

        Ketika kegiatan belajar mengajar telah selesai, seringkali kita mendapatkan banyak waktu senggang. Kita sebagai Hamba Allah diperintahkan untuk menggunakan waktu senggang dengan sebaik mungkin.Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412)

        Oleh karena itu, sebaiknya kita memanfaatkan waktu kita yang ada dengan sebaik mungkin. Berikut adalah kegiatan-kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan di rumah selama pandemic ini.

        Hal yang bisa kita lakukan yaitu berkebun. Berkebun dapat kita lakukan bersama keluarga ketika masa karantina mandiri. Menanam tanaman bunga dan sayur-sayuran mungkin akan memberikan keuntungan juga di kemudian hari. Tidak hanya menanam bunga dan sayuran, kita juga dapat membuat taman mini yang di dalamnya terdapat berbagai macam bunga dan kolam kecil yang berisikan ikan hias.

        Selain berkebun, kita juga bisa melakukan piknik di rumah. Yang diperlukan hanya selimut piknik dan makanan. Dan lakukan seolah-olah sedang piknik di luar rumah. Kita juga dapat menyiapkan berbagai jenis kue dan minuman, lalu menyantapnya bersama keluarga. Tambahkan makanan sehat dalam acara "piknik" Anda tersebut agar memberikan efek yang baik dari makanan yang kita konsumsi.

        Selanjutnya adalah membaca buku. Membaca buku menjadi satu di antara cara untuk mengisi hari-hari selama karantina mandiri. Selain dapat memberikan ilmu baru, membaca buku juga dapat menjadikan waktu kita tidak terbuang sia-sia. Salah satu buku bermanfaat yang dapat kalian baca adalah sirah nabawiyah. Banyak pelajaran yang dapat diambil Ketika kita mempelajari kisah hidup nabi kita tercinta.

        Jika masih bosan, mendekor rumah menjadi satu di antara alternatif menghabiskan waktu di rumah. Mendekor rumah dapat memberikan suasana yang baru pada rumah kita. Menghias pintu dengan berbagai pernak-pernik atau menggambar pada dinding kamar dapat menjadi beberapa pilihan yang dapat kita lakukan dalam mendekorasi rumah.

        Selain kegiatan-kegiatan tersebut, sebaiknya kita juga memperbanyak ibadah sunnah, karena Allah ta’ala berfirman

(وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ (٥٦

" Ibadah yang bisa kita lakukan di rumah seperti shalat dhuha, shalat rawatib, membaca al-Qur’an, dan juga merenungi ayat-ayat Allah. "

        Nah, setelah mengetahui kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan selama pandemi, diharapkan kita bisa memanfaatkan waktu luang kita dengan aktivitas yang bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: